TIM DITJEN BADILMILTUN MA RI MELAKSANAKAN MONEV LAYANAN PERADILAN

Related Articles

Pontianak, Rabu 25 Oktober 2023. Bertempat di ruang Sidang Cakra dilaksanakan Pembukaan Kegiatan Monev Tim Ditjen Badilmiltun MARI di Pengadilan Militer I-05 Pontianak. Pelaksanaan Monev tersebut dilaksanakan berdasarkan Surat Tugas Sekretaris Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara Nomor 256/DJMT.1/X/2023 tanggal 6 Oktober 2023. Kegiatan Monev di Pengadilan Militer I-05 Pontianak dilaksanakan pada tanggal 25 sampai dengan 27 Oktober 2023 diPimpin oleh Ketua Tim Kolonel Laut (H) Dr. Marimin, S.H., M.M., M.H. (Kasubdit Pembinaan Administrasi Ditbinganisminmil), Dandy Capryanto Hermawan, S.H., M.H. (Kasi Bimbingan dan Monitoring Ditbinganisminmil) dan Anton Nursaleh Siregar, S.H. (Analis Perkara Peradilan).

Kegiatan pembukaan tersebut diawali dengan sambutan dan paparan yang sampaikan oleh Kepala Pengadilan Militer I-05 Pontianak Kolonel Chk Setyanto Hutomo, S.H. dalam paparannya Kadilmil menyampaikan tentang kondisi personel Dilmil I-05 Pontianak bahwa sudah cukup banyak capaian kinerja dan prestasi yang diraih sejak sebelum reformasi birokrasi maupun setelah pelaksanaan reformasi birokrasi seperti memperoleh sertifikat ISO 9001 : 2015 tahun 2017, memperolah Akreditasi dan surveillance dengan akreditasi “A” Excellent tahun 2017, 2019 dan 2022. Dan yang membanggakan pada tahun 2020 Dilmil I-05 Pontianak memperoleh Predikat WBK dari Kemenpan RB.

Kadilmil juga melaporkan kondisi jumlah personel yang terbatas yakni yang hanya berjumlah 34 (tiga puluh empat) personel terdiri dari 12 (dua belas) anggota TNI, 13 (tiga belas) PNS, dan 9 (sembilan) PPNPN, untuk realisasi anggaran sampai dengan tanggal 23 Oktober tahun 2023 untuk pada DIPA (01) BUA MARI sudah mencapai 80,79% sedangkan Dipa (05) Ditjen Badilmiltun MARI sudah mencapai 88,90%. Untuk penanganan perkara perkara masuk 48 perkara, putus 35 perkara sehingga perkara yang belum putus masih dalam proses persidangan saat ini berjumlah 13 perkara.

Selain itu Kadilmil juga memaparkan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan di Pengadilan Militer I-05 Pontianak melalui survei Kepuasan Masyarakat dan survei Indek Persepsi Korupsi yang dilakukan secara berkala setiap triwulan bahwa pada survei triwulan III tahun 2023 Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) mencapai 96,25 kategori “A” Memuaskan, sedangkan untuk Indek Persepsi Korupsi mencapai 98,52 kategori “A” Memuaskan. Kadilmil juga menyampaikan dalam mendukung penyelenggaraan pelayanan, Pengadilan Militer I-05 Pontianak telah membuat beberapa inovasi layanan bagi Anggota TNI dan masyarakat umum pengguna layanan yakni membuat sebuah layanan bernama SIPOPMIL (Sistem Informasi Pelayanan Online Pengadilan Militer) yakni sebuah aplikasi yang berbasis WA Businees yang melayani 10 layanan dan informasi, selain itu terdapat pula Aplikasi SIPOPMIL PRIMA yakni sebuah aplikasi pengembangan yang berbasis android yang dapat di download pada PLAY STORE, SIPOPMIL PRIMA menyediakan 12 menu layanan informasi sehingga memudahkan pengguna layanan dalam memperoleh informasi dan layanan di Pengadilan Militer I-05 Pontianak.

Pada kesempatan acara pembukaan Monev tersebut Dirbinganisminmil Ditjen Badilmiltun MARI Marsma TNI Edi Wuryanto, S.I.P., CFRA. berkesempatan untuk menyampaikan sambutan dan paparan melalui sambungan Zoom Meeting sekaligus menyapa warga Pengadilan Militer I-05 Pontianak yang menghadiri acara pembukaan Monev tersebut. Banyak hal yang disampaikan dan dipaparkan oleh Dirbinganisminmil diantaranya sangat mengapresiasi kinerja dan prestasi yang telah di raih oleh Pengadilan Militer I-05 Pontianak yang salah satunya adalah untuk mewujudkan pelayanan peradilan yang prima dan pelayanan yang melayani.

Kolonel Laut (H) Dr. Marimin, S.H., M.M., M.H. selaku ketua Tim Monev juga menyampaikan sambutan bahwa pelaksanaan Monev tersebut dilaksanakan dalam rangka menerapkan standar layanan publik yang prima pada peradilan di satuan kerja lingkungan Peradilan Militer maka dari itu perlu diadakan monitoring dan evaluasi layanan peradilan secara berkala dan berkesinambungan menerapkan standar layanan publik yang prima pada peradilan di satuan kerja Lingkungan Peradilan Militer.   

Setelah dilaksanakan pembukaan Monev, Tim langsung melakukan monitoring terkait materi Monev yang telah tertuang dalam LKE Monev Tim Ditjen. selain melakukan pemeriksaan berkas administrasi pendukung pelaksanaan pelayanan pada bagian Kesekretariatan dan Kepaniteraan, Tim juga memeriksa sarana dan prasarana pendukung penyelenggaraan pelayanan di Pengadilan, kendaraan dinas juga tidak luput dari pemeriksaan untuk mengetahui tingkat kepatuhan Unit Kerja dalam melaksanakan kewajiban membayar pajak kendaraan.

Setelah melaksanakan monitoring dan evaluasi terdapat beberapa evaluasi yang disampaikan oleh Tim Monev yang perlu dilaksanakan dalam rangka mendukung pelaksanaan pelayanan di Pengadilan, secara umum Tim Monev Ditjen Badilmiltun MARI berkesimpulan bahwa Pengadilan Militer I-05 Pontianak telah menyelenggarakan pelayanan peradilan dalam rangka mewujudkan pelayanan prima sesuai koridor dan ketentuan yang mendasari dalam mewujudkan layanan prima di Lingkungan Mahkamah Agung RI.

More on this topic

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Popular stories

LANTIK PENGURUS BARU IKAHI PUSAT, KETUA MA SAMPAIKAN LIMA PESAN KUNCI

Jakarta-Humas: Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. Syarifuddin, S.H., M.H. melantik pengurus baru Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) Periode 2022-2025 pada Jumát pagi, 23...

KETUA MAHKAMAH AGUNG MEWISUDA 25 CALON HAKIM TERPADU PERADILAN MILITER SELURUH INDONESIA

Jakarta - Humas : Ketua Mahkamah Agung, Prof. Dr H.M. Syarifuddin, S.H., M.H, mewisuda sebanyak 25 peserta Program Pendidikan dan Pelatihan Calon...

KUNJUNGAN KERJA KOMISI III DPR RI DALAM RANGKA RESES MASA PERSIDANGAN II TAHUN SIDANG 2020-2021 KE WILAYAH HUKUM KALIMANTAN BARAT

Pontianak. Senin 14 Desember 2020 Plt. Kepala Pengadilan Militer I-05 Pontianak Letkol Chk Rudy Dwi Prakamto, S.H. menghadiri rapat dalam rangka Kunjungan...
Skip to content