MAHKAMAH AGUNG PERINGATI ULANG TAHUN YANG KE-75

Related Articles

MAHKAMAH AGUNG PERINGATI ULANG TAHUN YANG KE-75

Jakarta – Humas: Ketua Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia, Dr. H.M. Syarifuddin, S.H., M.H, memimpin langsung upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Mahkamah Agung Republik Indonesia, Rabu (19/8/2020) di halaman depan Gedung Mahkamah Agung, Jalan Medan Merdeka Utara, No. 9-13, Jakarta.

Di tengah pandemi Covid-19, peringatan HUT ini digelar berbeda dengan tahun sebelumnya. Peringatan digelar secara terbatas dan tetap memperhatikan protocol kesehatan. Dr. H.M. Syarifuddin, S.H.,M.H dalam sambutannya menyampaikan, hari jadi Mahkamah Agung ke-75 ini justru harus kita jadikan momentum keberlanjutan dan optimalisasi program modernisasi peradilan yang telah dicanangkan sejak tahun 2018.

“Pandemi Covid-19 adalah persoalan kesehatan dan keselamatan jiwa manusia yang berdampak pada semua aspek kehidupan, tidak terkecuali pada aspek penegakan hukum dan keadilan. Untuk itu, Mahkamah Agung merespon pandemi ini dengan berpijak pada asas keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi dengan menerbitkan Surat Edaran Mahkamah Agung No. 1 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Selama Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang  Berada di Bawahnya”, ucap Dr.H.M. Syarifuddin, S.H.,M.H.

Mahkamah Agung harus memastikan bahwa kesehatan dan keamanan seluruh hakim dan aparatur peradilan serta seluruh pihak yang terlibat dalam proses peradilan tetap terjaga dan terjamin. Momentum ini menjadi waktu yang tepat dalam memaksimalkan pemanfaatan teknologi untuk diabdikan bagi penyelengara peradilan. Fondasi yang telah diletakkan oleh MA pada 2018 melalui administrasi perkara di pengadilan secara elektronik (e-Court), dilanjutkan dengan lompatan berikutnya pada 2019 dengan persidangan elektronik (e-Litigation) memberikan manfaat bagi lembaga peradilan dalam menghadapi masa krisis, tutur M. Syarifuddin

Dalam peringatan yang ke-75 ini, Mahkamah Agung juga terus mengoptimalisasi layanan dibuktikan dengan adanya launching versi terbaru direktori putusan serta pada hari jadi ini Mahkamah Agung memberikan ‘Anugerah Mahkamah Agung Tahun 2020’. Sebuah apresiasi MA atas layanan e-Court dan Gugatan Sederhana oleh pengadilan negeri, pengadilan agama, dan pengadilan tata usaha negara di seluruh Indonesia. Mahkamah Agung bekerjasama dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia dan situs Hukum Online telah mengadakan penilaian terhadap kualitas layanan peradilan pada dua kategori tersebut dan hasil penilaian oleh tim yang telah dibentuk akan secara resmi diumumkan pada hari ini.

Diakhir sambutanya, Ketua Mahkamah Agung mengajak semua warga peradilan untuk secara bersamasama dengan semua elemen masyarakat Indonesia mewujudkan Indonesia Maju dengan berkontribusi secara maksimal melalui peran yang kita emban di lembaga peradilan. Modernisasi yang kita lakukan pada lembaga peradilan merupakan wujud konkret dari wajah Negara Hukum Indonesia di era teknologi informasi saat ini.

Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-75 Mahkamah Agung juga dihadiri Wakil Ketua MA Bidang Non Yudisial, para Ketua Kamar MA, Panitera dan Sekretaris MA, serta Dharmayukti Karini MA.  (RS/HAA/PN).

More on this topic

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Popular stories

JAM KOMANDAN 31 OKTOBER 2019

Kepala Pengadilan Militer I-05 Pontianak Kolonel Chk Esron Sinambela,S.S.,S.H.,M.H memberikan paparan tentang templat konsep putusan terbaru untuk Hakim dalam membuat putusan yg...

WEBINAR BEASISWA LPDP UNTUK WARGA PERADILAN

Pontianak, Jumat 6 Nopember 2020. Bertempat di ruang Press Conference Pengadilan Militer I-05 Pontianak seluruh Hakim, Panitera, Panmud Pidana Para Kasubbag dan...

PENYERAHAN PENGHARGAAN KEPADA PEGAWAI TELADAN (DUTY OF STAR) TAHUN 2020 PADA PENGADILAN MILITER I-05 PONTIANAK

Pontianak, Senin 9 Maret 2020 bertempat di Hotel Golden Tulip Pontianak, Kepala  Pengadilan Militer I-05 Pontianak Bapak Kolonel Chk Esron Sinambela, S.S.,...