MAHKAMAH AGUNG GELAR SELEKSI TERBUKA CALON HAKIM KONSTITUSI

Related Articles

Jakarta-Humas: Mahkamah Agung Republik Indonesia menyelenggarakan seleksi terbuka calon hakim konstitusi dari unsur Mahkamah Agung tahun anggaran 2023 di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta pada 24 hingga 25 Juli 2023.  Seleksi ini dilakukan dalam rangka mengisi posisi hakim konstitusi dari unsur Mahkamah Agung.

Kegiatan seleksi ini dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial Dr. Sunarto, S.H., M.H. Ia menyatakan bahwa proses seleksi hakim konstitusi ini dilakukan oleh Mahkamah Agung melalui proses yang transparan dan akuntabel. Ia yang juga merupakan Ketua Panitia Seleksi mengungkapkan para kandidat calon hakim konstitusi dari unsur Mahkamah Agung merupakan kandidat terbaik yang telah lulus seleksi rekam jejak dan lolos uji kualitas.


Para kandidatnya yaitu Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Surabaya Disiplin M Manao,  Panitera Mahkamah Agung Ridwan Mansyur, Hakim Tinggi pada Pengadilan Tinggi Jakarta Binsar Gultom, Hakim Tinggi pada Pengadilan Tinggi  Kalimantan Timur  Eddy Parulian Siregar, Ketua Pengadilan Tinggi Nusa Tenggara Barat Achmad Setyo Pudjoharsoyo.

Para peserta diwajibkan mengikuti beberapa tahapan. Di hari pertama, para peserta diwajibkan membuat makalah hukum yang berlangsung selama empat jam dengan tema yang telah ditentukan oleh panitia pelaksana.

Di hari kedua para peserta diwajibkan untuk melalukan wawancara dengan para penguji seleksi calon  hakim konstitusi yang berasal dari Mahkamah Agung dan para praktisi. Para penguji dari Mahkamah Agung yaitu Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial selaku Ketua Panitia Seleksi Hakim Agung Sunarto, Ketua Kamar Tata Usaha Negara Mahkamah Agung  Yulius, Ketua Kamar Perdata Mahkamah Agung I Gusti Agung Sumanatha dan Ketua Kamar Pembinaan Takdir Rahmadi. Sedangkan dari pihak praktisi yaitu Indrianto Susno Aji, Agus Hermanto, Mas Achmad Santosa, dan Ninuk Mardiana. (azh/RS:photo:ADR)

More on this topic

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Popular stories

UPACARA MEMPERINGATI HARI KEMERDEKAAN RI 17 AGUSTUS 2023

Pontianak, Kamis tanggal 17 Agustus 2023 Pukul 08.00 WIB bertempat di Halaman Gedung Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Pontianak, Seluruh Aparatur Pengadilan...

Pembinaan Mahasiswi Magang

Pontianak, Rabu 15 Februari 2023 Bertempat di ruang Command Center Pengadilan Militer I-05 Pontianak dilaksanakan pembinaan mahasiswi magang yang dipimpin oleh Hakim...

SILATURAHMI KOMUNITI HUKUM WILAYAH PONTIANAK

Pada Kamis tanggal 10 Oktober 2019 bertempat di ruang Friendly 1 Harris Hotel Pontianak, Kepala Pengadilan Militer I-05 Pontianak Kolonel Chk Esron...
Skip to content