PEMBINAAN ESELON I DIBANJARMASIN, Plt SEKRETARIS MA KOMITMEN MELAYANI PARA PENCARI KEADILAN DENGAN TRANSPARAN DAN AKUNTABEL

Related Articles

Banjarmasin-Humas: Mahkamah Agung berkomitmen dalam melayani para pencari keadilan dengan transparan dan akuntabel selalu memanfaatkan teknologi dan informasi dan memberi akses yang sebesar – besarnya dan seluas -luasnya bagi para pencari keadilan.

Hal tersebut disampaikan oleh Plt. Sekretaris Mahkamah Agung Sugiyanto, S.H.,M.H dalam kegiatan Pembinaan Eselon I Mahkamah Agung dengan 4 Lingkungan peradilan Se – Wilayah Banjarmasin, pada hari, Selasa 29 Agustus 2023, bertempat di ballroom Hotel Galaxy, Banjarmasin.

Lebih lanjut, Sugiyanto menjelaskan Mahkamah Agung juga terus melakukan inovasi melalui aplikasi seperti SMART MAJELIS, COURT LIVE STREAMING, Aplikasi SATU JARI Ditjen Badilum, Aplikasi Lentera 2.0 di Lingkungan Badan Peradilan Umum, dan E – IPLANS. Aplikasi tersebut melengkapi aplikasi yang sudah ada sebelumnya seperti SIPP, E – Court, E-  Sadewa, E – Berpadu dan E – Bima.

“Mahkamah Agung dalam kurun waktu 2022 banyak mendapatkan penghargaan seperti peningkatan kualitas pelayanan prima pada perpustakan dan meja informasi, menerima peringkat ke 5 kinerja anggaran terbaik 2022, menerima opini WTP ke – 11 secara berturut – turut”, ujar pria yang juga menjabat Kepala Badan pengawasan.

Ditempat yang sama, Panitera Mahkamah Agung RI Dr. Ridwan Mansyur S.H,.M.H memaparkan mengenai pengajuan upaya hukum kasasi dan peninjauan kembali seperti pembaruan beberapa ketentuan penyampaian panggilan / pemberitahuan keluar negeri, penyampaian laporan kasasi perkara pidana yang terdakwanya dalam status tahanan, prosedur baru pengembalian biaya perkara karena adanya pencabutan perkara kasasi / PK, penyelenggaraan lomba karya tulis ilmiah Mahkamah Agung berbasis putusan pengadilan bidang hukum komersial( Lokali-MA).

Sedangkan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum yang sekaligus menjadi Plt. Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara H. Bambang Myanto, S.H,.M.H membahas terkait peningkatan kinerja dan penguatan integritas aparatur peradilan dalam pelayanan prima dengan melakukan pengembangan aplikasi SATU JARI dimana dalam aplikasi tersebut dapat diperoleh data penanganan perkara, SDM, Realisasi Anggaran, Monitoring BMN dan info lainnya dari seluruh satuan kerja di lingkungan peradilan umum.

Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil sekaligus menjadi Plt. Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama, Bambang H.Mulyono membahas terkait pengembangan Corporate University, tata kelola sarana, prasana dan Sumber Daya Manusia.

Kepala Badan Pengawasan, yang juga menjabat sebagai Plt Sekretaris Mahkamah Agung menyoroti tentang mekanisme penanganan Hakim dan PNS yang terlibat tindak pidana di lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan dibawahnya. 

Diakhir acara, Plt Sekretaris MA berharap agar disampaikan dalam kegiatan pembinaan dapat dipahami dan dilaksanakan sebaik baiknya oleh para hakim dan aparatur peradilan yang ada di Seluruh Indonesia.

Turut hadir dalam acara YM ketua Kamar pidana , para eselon I mahkamah Agung, para Ketua Pengadilan Tingkat Banding, Ketua Pengadilan Tingkat Pertama se wilayah Kalimantan Selatan, para hakim, para panitera, para sekretaris, para hakim dan lainnya. Acara juga diselenggarakan secara daring dan diiikuti oleh seluruh insan peradilan di seluruh Indonesia.( humas)

More on this topic

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Popular stories

REFLEKSI KINERJA TAHUN 2022, PEMBINAAN DAN PENGARAHAN PROGJA TAHUN 2023

Jakarta, 12 Januari 2023. Bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Militer Utama Jakarta, Kadilmil I-05 Pontianak Kolonel Chk Setyanto Hutomo, S.H. mengikuti...

SOSIALISASI HASIL RAPAT PLENO KAMAR MILITER MA TAHUN 2021

Pontianak, 10 Februari 2022. Berdasarkan undangan Kepala Pengadilan Militer Tinggi I Medan Brigadir Jenderal TNI Parman Nainggolan, S.H., M.H. Perihal Undangan dalam...

PELANTIKAN DAN PENANDATANGANAN BERITA ACARA PENYUMPAHAN PANITERA PENGADILAN MILITER I-05 PONTIANAK

Pontianak. Rabu 6 Januari 2021. Plt. Kepala Pengadilan Militer I-05 Pontianak Letnan Kolonel Chk Rudy Dwi Prakamto, S.H. melaksanakan Pelantikan dan Penandatanganan...
Skip to content